Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah
Abstract
Perkembangan masyarakat dunia telah memasuki masyarakat informasi yang merupakan kelanjutan dari masyarakat modern dengan ciri-cirinya yang bersifat rasional, berorientasi ke masa depan, terbuka, menghargai waktu, kreatif, mandiri, dan inovatif, atau biasa disebut dengan global village yaitu Perkawinan antara teknologi transmisi mutakhir dengan komputer melahirkan sebuah era baru yaitu era informasi, yang dapat dikatakan sebagai world of the year. Disebut masyarakat informasi ditandai dengan penguasaan teknologi informasi, mampu bersaing, serba ingin tahu, imajinatif, mampu mengubah tantangan menjadi peluang, dan menguasai berbagai metode dalam pemecahan masalah. Sebab, problem yang muncul dizaman globalisasi ini jauh lebih kompleks dan memerlukan respons yang lebih beragam dan akomodatif, dan dengan menggunakan perangkat teknologi Informasi tersebut untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan dan pendidikan atau pembelajaran akan lebih berkembang dan terbantu terhadap proses pembelajaran bagi setiap siswa.
The world society development has entered into information society as a continuation of modern society. The characteristics of the information society is rational, future-oriented, open-minded, appreciate the time, creative, independent, and innovative. The time of global village will be born is the fusion of sophisticated transmission technology with a computer that yield a new era of information age, as the world of the year. Community information society is characterized by the mastery of information and technology, is able to compete, inquisitive, imaginative, and able to turn challenges into opportunities, and master various methods in problems solving. These challenges require a response that is more diverse and accommodating. Information and technology are solution and response that serves to find, explore, analyze, and exchange information efficiently and effectively. Thus, students will quickly get the ideas and experiences of the various circles, so that learning will be more developed and assisted with the process of study by student.
Kata Kunci: Teknologi Informasi, Pendidikan Islam, Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.30-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Muhammad Aji Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457