Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam

Hanum Jazimah

Abstract


Manajemen diri berarti menempatkan segala sesuatu secara teratur dalam hidup, dalam penggunaan waktu, pilihan, kepentingan, kegiatan, serta dalam keseimbangan fisik dan mental. Ini juga berarti mendorong diri untuk maju, mengatur semua unsur pribadi, mengendalikan potensi kemauan untuk mencapai hal-hal yang baik, dan mengembangkan berbagai aspek kehidupan pribadi untuk membuatnya lebih sempurna. Syarat pertama untuk semua mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan mereka adalah motivasi diri. Kedua, organisasi diri, menyiapkan sebaik mungkin terhadap pikiran, tenaga, waktu, tempat, benda dan semua sumber daya lainnya dalam kehidupan seseorang sehingga mahasiswa mencapai efisiensi pribadi. Sehingga peran ganda sebagai mahasiswa dan pekerja dapat berjalan beriringan. Dari pengakuan informan tentang mahasiswa  yang menerapkan strategi pembelajaran dalam hal memenuhi kebutuhan sendiri menunjukkan bahwa ada sejumlah mahasiswa yang sadar bahwa manajemen diri yang baik akan membawa keuntungan bagi mereka. Divisi waktu antara kuliah dan kegiatan lainnya tidak terganggu, jadwalnya menjadi terorganisir, kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan lainnya tidak terganggu, bisa mengatur belajar, serta mampu mengatasi masalah yang dihadapi.

 

Self management  means putting everything on a regular basis in life, in the use of time, choice, interests, activities, as well as in the physical and mental balance. It also means pushing self to get ahead, arrange all the elements of the personal, controlling potential willingness to accomplish good things, and develop various aspects of private life to make it more perfect. The first requirement for all students to achieve their education goals is self-motivation. Secondly, self organization is setting up as well as possible against the thought, effort, time, places, objects and all other resources in one's life so that students achieved personal efficiency. So that his dual role as students and workers can go hand in hand. From recognition of the informant about the students apply learning strategies in regards to qualify themselves indicate that there are a number of students who are aware of a good self management will bring a profit for them. Among them, the Division of time between lectures and other activities are not interrupted, his schedule became organized, as students and other activities are not disrupted, could set out the lesson, as well as being able to tackle the problems facing it.

           

Kata kunci: managemen diri, mahasiswa, peran ganda

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.221-250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hanum Jazimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia

Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433

Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id

 

View MUDARRISA Stats

 

 

P-ISSN: 2085-2061

E-ISSN: 2541-3457