The CORE Model for Improving students behavior and learning outcomes the production technology development of Social Sciences Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Ghazali, M. I., Hanifah, N., & Sudin, A. Penerapan Media KCS (Komik Cerita Sejarah) Pada Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu-Budha, Dan Islam Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 661-670. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3073/pdf
Ansori, M. (2014). Implementasi Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada Materi Turunan Fungsi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN1 Jerowaru. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 141-150.
Aryati, T. A., Santika, T., & Kartika, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Conecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Sesiomadika, 517-525.
Beniasih, N. M. A., Suarjana, I. M., & Rati, N. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD, Undiksha, 3(1).
Birsyada, M. I. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah. Forum Ilmu Sosial, 41(2).
Deswita, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (Core) Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Serta Self-Efficacy Siswa SMP: Studi Kuasi Eksperimen pada Salah Satu SMP Negeri di Provinsi Jambi, Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hariata, I. N. N., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPS, Mimbar pgsd Undiksha, 5(2).
Aryati, T. A., Santika, T., & Kartika, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Conecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. In Sesiomadika, (517-525).
Humaira, F. Al, Suherman, & Jazwinarti. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 31-37.
Nurkholiq, R. (2016). Efektifitas Penerapan Metode Sosiodrama Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa dalam Pembelajaran IPS. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 1-18. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i1.2087
Reni Fahdini, Ence Mulyadi, Deni Suhandani, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33-42. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362
Maulana.(2011). Dasar-DasarKeilmuandanPembelajaranMatematika Sequel 1.Subang: Royyan Press.
Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model pembelajaran core sebagai sarana dalam meningkatan hasil belajar siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 224-232.h
Nurkholiq, R. (2016). Efektifitas Penerapan Metode Sosiodrama Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa dalam Pembelajaran IPS. International Journal Pedagogy of Social Studies, 1(1), 1-18. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i1.2087
Purwanto, (2008) Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Puspitasari, E. (2016). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).
Reni Fahdini, Ence Mulyadi, Deni Suhandani, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33-42. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362
Retnowati, E., & Aqiila, A. (2017). Efektivitas strategi pengelompokan berpasangan dalam pembelajaran matematika model CORE, Cakrawala Pendidikan, (1), 13-23.
Safitri, D., Handayani, S., & Umamah, N. (2014). Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Edukasi, 10-14.
Setiawan, G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Connecting-Oerganizing-Reflecting-Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematis Siswa Serta Disposisi Matematik Pada Siswa SMA, Doctoral dissertation, Universitas Pasundan, Bandung.
Subarjo, M. D. P., Sudhita, I. W. R., & Suarjana, I. M. (2014). Pengaruh model CORE terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V di gugus I NAkula Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Sujana, Atep. (2012). Pendidikan IPA TeoridanPraktik.Sumedang: Rizal Nur.
DOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v12i1.33-49
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Gilang Maulana Jamaludin, Muhammad Iqbal Al Ghozali, Rifki Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457