Improvement student learning achievement using the integration of the NHT model with Jigsaw on geometry topic
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Fiyany, F. N., Mawardi, & Astuti, S. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 76. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.286
Halimah, N., & Sumardjono. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 267–275.
Husen, Nurjamin, A., Hermana, D., & Darmawan, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Situgede 4 Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Teknologi Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 441–450.
Komariah, I., Jamzuri, & Surantoro. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 5 Surakarta. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3, 191–198.
Kristiana, M., & Gregorius, J. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(02), 1–10. https://www.eurekapendidikan.com/2015/03/model-pembelajaran-tipe-immersed.html
Kurniawati, K. R. A., Budiyono, B., & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28
Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 1105–1120. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12683
Maharani, A. (2017). Pengaruh Metode Belajar Jigsaw Terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Siswa SMA Negeri Cerme Gresik. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(7), 811–820.
Muna, D. N., & Afriansyah, E. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerencing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 169–176. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.272
Nizar, Said, I., & Suherman. (2016). Study of Comparative of Cooperative Learning Model Jigsaw and NHT (Numbered Head Together) Types on Learning Outcomes of Stoichiometry of Student in Class X SMAN 8 Palu. J. Akademika Kim.5, 5(August), 133–139.
Pangestika, R. R., Yansaputra, G., & Ngazizah, N. (2018). Integrasi Model Pembelajaran Jigsaw dengan NHT (Numbered Head Together) dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Dasar Menyongsong Era Education 4.0, 402–406.
Pratiwi, I. (2019). Improving Students' Learning With NHT Model of Teaching In Natural Science Courses. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(3), 153. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i3.120
Rahmawati, D., Nugroho, S., & Putra, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(1), 40–45. https://doi.org/10.15294/upej.v3i1.3109
Rofiqoh, F., Mahardika, I., & Yushardi, Y. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Monopoli Games Terintegrasi Pendekatan Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 198–203. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2637
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sholikhah, M., & Hartono, H. (2015). Perbandingan Keefektifan Antara Problem-Based Learning Setting Numbered Head Together Dan Setting Jigsaw. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 63. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7151
Sugestiningsih, R., & Sudrajat, A. (2018). Perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 104–115. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.22669
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutipnyo, B., & Mosik, M. (2018). The Use of Numbered Heads Together (NHT) Learning Model with Science, Environment, Technology, Society (SETS) Approach to Improve Student Learning Motivation of Senior High School. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 26–31. https://doi.org/10.15294/jpfi.v14i1.13929
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian Pustaka Pelajar (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v13i1.91-107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Khikmah Kurnia, Supriyono Supriyono, Rintis Rizkia Pangestika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457