Edutainment dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan hambatan edutainment pada mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro tahun 2014, serta bagaimana mengatasi hambatan strategi pembelajaran edutainment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro tahun 2014. Penelitian dilakukan melalui pendeskripsian fenomena-fenomena yang ada di SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro, dengan kehadiran peneliti sebagai pengamat dan sebagai pengumpul data. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan oleh guru. Suasana belajar yang menyenangkan dapat dirasakan oleh peserta didik dalam mencapai prestasi belajar, strategi pembelajaran edutainment diharapkan dapat mencetak lulusan yang tidak hanya dalam nilai (angka) yang baik, namun memiliki kecerdasan kognitif, emosional, dan kecerdasan spiritual. Pendekatan edutainment melalui permainan (game), humor, bermain peran (role play), demonstrasi dan cara-cara lain yang dapat dikuasai oleh guru dan siswa. Hambatannya, sumber daya manusia dalam menjalankan strategi pembelajaran edutainment, peserta didik cenderung bermain hingga melupakan esensi pembelajaran, bahan pembelajaran, waktu pembelajaran yang minim, sarana dan prasana yang terbatas, lingkungan belajar yang kurang mendukung dalam penerapan strategi pembelajaran edutainment.
The purpose of the research is to determine the strategies and the barriers of edutainment learning strategy on Islamic religious lesson (PAI) in SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro 2014 also the ways to overcome barriers for the learning strategy. The research conducted through describing the phenomena that exist in SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro. The researcher acted as an observer and data collector. The data collected by interviews, of observations, documentation. The result shows that learning strategies are designed to achieve certain goals set by the teacher. Enjoyable learning atmosphere can be felt by learners in achieving learning. Edutainment learning strategy is expected to produce qualified people, who not only good in their score, but also has a cognitive, emotional and spiritual intelligence as well. Edutainment learning strategy applied through game, humor, role play, demonstrations and other ways that can be mastered by teachers and students. The obstacles are human resources as the doer of Edutainment Learning Strategy, learners tend to play and forget the essence of learning, materials, time limitation, limited facilities and infrastructures, also less supportive learning environment in the application of learning strategies edutainment.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.117-144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Andri oza, Badrus Zaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457