Peningkatan Hasil Belajar Materi Keimanan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam materi iman kepada kitab-kitab Allah dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) kelas V SD Negeri 2 Kauman kemusu semester 1 tahun 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan tiga siklus, masing-masing siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dari tolok ukur pencapaian KKM ≥70. Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara bertahap. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu siklus I 27,78%, siklus II 72,22% dan siklus III 94,44% Mengacu pada hasil penelitian peneliti menyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajarannya dengan menggunakan media, metode dan teknik yang bervariasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada SD Negeri 2 Kauman Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali Semester 1 tahun 2013/2014.
This study aims to determine the learning outcome of Islamic religious education Faith in Holy Book material with cooperative learning method type of TAI (Team Assisted Individualization) in class V SD Negeri 2 Kauman Kemusu at the first semester year 2013/2014. It is a classroom action research. This study use three cycles, each cycle has four phases: planning, action, observation and reflection. Data analyses by descriptive qualitative and quantitative technique. In this study, there was an increase learning outcomes gradually to passing grade (KKM) ≥70. The findings indicate that the use of cooperative learning method, i.e. appropriate TAI, can improve learning outcomes. Students’ learning outcomes can be improved, judging from the results of formative tests at each cycle is the first cycle of 27.78%, 72.22% in second cycle and the third cycle 94.44% Referring to the results of the study, the researcher suggest to teachers or prospective teachers to improve learning by using varied media, methods and techniques. It can be concluded that the use of cooperative learning method type of TAI (Team Assisted Individualization) can improve student learning outcomes in PAI subject on SD Negeri 2 Kauman Kemusu Boyolali District in the first semester at the year of 2013/2014.
Kata kunci: hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Team Assisted Individualization
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v5i2.251-269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Atik Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457