Implementasi Pendidikan Profetik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Salatiga yang bertujuan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana implementasi pendidikan tradisi kenabian dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam? 2) Apa hambatan dalam implementasi pendidikan tradisi kenabian dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam? 3) Bagaimana hasil implementasi pendidikan tradisi kenabian dalam pembelajaran pengajaran Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian lapangan. Peneliti terjun ke lapangan untuk mengadakan observasi atas fenomena yang ada dalam lingkungan akademik. Data diperoleh dari interview, dokumen dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan tradisi kenabian dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Salatiga menggunakan model pembelajaran pembiasaan dan kolektif, misi penanaman dan nilai-nilai kenabian kepada siswa dilakukan dalam materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Terdapat beberapa masalah dalam implementasi pendidikan tradisi kenabian tersebut yang kemudian memunculkan solusi yang dapat ditawarkan. Hasil dari implementasi pendidikan tradisi kenabian dapat membangun dan membentuk karakter dan moral siswa. Sehingga siswa memiliki perilaku yang mulia, hormat, dan toleran.
The study was taken in SMPN 4 Salatiga, which intends to answer the problems of 1) How is the implementation of the prophetic tradition of education in teaching Islamic religious education? 2) How can the problems of implementation of the prophetic tradition of education in teaching Islamic religious education? 3) How are prophetic tradition of education implementation results in learning education Islam? This study uses a qualitative method by a field research. Investigators went to the field to conduct observations of a phenomenon in a scientific circumstance. The data collected by interviews, documents and observations. Research conducted at SMPN 4 Salatiga. The results of the study pointed out that the implementation of the prophetic education in teaching Islamic education in SMPN 4 Salatiga is applied in the model of learning by habituation and collective model, planting mission and prophetic values on the learner through the learning materials, methods and evaluation of learning. There are a couple of the problems in the implementation of educational prophetic; there are some barriers and solutions offered. Results from the implementation prophetic education can build and shape the character and morals of students, so that students have an attitude of honor, respect and tolerance.
Kata kunci: implementasi, pendidikan kenabian, pendidikan agama islam
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v5i2.299-324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Syaifullah Godi Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457