Collaboration of Teachers and Parents in the Formation of Students’ Virtuous Morality
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad Zainuri Arif, A. S. (2017). Piagam Debest: Integrasi Komitmen Tripusat Pendidikan Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 24 Surabaya. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 160–174.
Ar Rasikh, A. R. (2019). Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus pada MIN Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 14–28. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1107
Arifin, M. F. (2017). Model kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 78–86.
Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475
Darmadji, A. (2020). Peran Tripusat Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Jujur dan Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 02 Yogyakarta.
Dwita, K. D., Anggraeni, A. I., & Haryadi. (2018). Pengaruh Home Visit Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(01), 1–15.
Fadhilah, M. N. (2021). Peran Literasi Digital Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa PGMI. Mubtadi, 3(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4456
Fadhilah, M. N., & Nurahman, M. (2021). Pengaruh Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas II di SD Anak Saleh. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 165–180. https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.72
Fahrunnia, A. (2018). Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dan Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Penghafal Al-Qur’an Di Smp Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2). https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-07
Hatimah, I. (2016). Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290–297. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878
Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat A . Pendahuluan Pendidikan merupakan pondasi dalam membentuk dan menanamkan nilai-nilai kemanusiaan pada peserta didik sebagai bagian dari proses kehidupan dalam keluarga , masyarakat , ban. Education, 11(1), 203–224.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Khosiah, N., Susandi, A., & Dheasari, A. E. (2021). Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membangun Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5252
Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sd Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 18, 118, 1.724-1.736.
Laili, F., & Barata, P. T. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 59–74. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.48
Maulininsyah, Drs.Kamarudiin, M.A., Suhardin, S.Pd.I., M. S. (2020). Analisis Kerjasama Tripusat Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Kolaka). Tekhnologi Pendidikan Madrasah, 3, 54–68. https://doi.org/10.5281/zenodo.4398961
Minsih, M., Diah U, R., & UK, H. (2015). Implementation of Character Education Through the Values Exemplary Teachers, Students and Parents in Efforts To Strengthening Primary Students Character. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2). https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i2.a2519
Nazarudin, M. (2018). Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang. Intizar, 24(2), 9–16. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i2.3259
Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19.
Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., Nofriyadi, R. A., Sukatin, & Amriza. (2022). Manajemen Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(4), 70–82.
Risdoyok dan, & Aprison, W. (2021). Kerjasama Guru PAI dan Orang Tua dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319–2335.
Sari, Y. (2013). Peningkatan kerjasama di sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 307–461.
Suhesty, A., Rasyid, M., Permatasari, R. F., & Putri, Y. S. C. (2020). Kolaborasi Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era New Normal. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 90. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4967
Sukarman, S. (2020). Sinergitas Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Pembelajaran Berbasis Daring Di Masa Pandemi Covid-19. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2), 112–129. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i2.3940
Supriyanto, A. (2016). Kolaborasi Konselor, Guru, Dan Orang Tua Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Usia Din Melalui Bimbingan Komprehensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 42–49.
Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.688
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunida, R., Romdanih, R., & dkk (2021). Efektivitas Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Melalui Daring Pada Pembelajaran Tematik. … Pendidikan …, 2020, 420–425.
Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892
Zalmi, R. Y., & Hazizah, N. (2019). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. https://doi.org/10.31227/osf.io/qwn4y
DOI: https://doi.org/10.18326/mdr.v14i1.66-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mutik Fadhilah, Muhammad Djakfar, Zulfi Mubaraq, Juvinal Ximenes Guterres
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Indonesia
Jl. Lingkar Salatiga Km. 2 Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716,
Telp. (0298) 323706 – Fax. (0298) 323433
Technical Support: jurnalmudarrisa@iainsalatiga.ac.id
P-ISSN: 2085-2061
E-ISSN: 2541-3457